Senin, 04 Juli 2016

Keajaiban Patung Zeus di Olympia

Keajaiban Patung Zeus di Olympia adalah 40-kaki-tinggi, Gading dan emas, duduk patung dewa Zeus, raja semua dewa Yunani. Terletak di tempat kudus Olympia di Yunani Peloponnese semenanjung, Patung Zeus berdiri bangga selama lebih 800 tahun, mengawasi kuno Olimpiade dan menjadi diakui sebagai salah satu 7 keajaiban dunia kuno.

Tempat kudus Olympia

Olympia, terletak dekat kota dari Elis, bukanlah kota dan itu tidak ada populasi, yaitu kecuali para imam yang mengurus Pura.

Sebaliknya, Olympia adalah tempat kudus, tempat di mana anggota Yunani faksi bisa datang dan dilindungi. Itu adalah tempat bagi mereka untuk menyembah. Itu juga tempat Olimpiade kuno.

Pertama Olimpiade kuno diadakan di 776 BCE. Ini adalah peristiwa penting dalam sejarah Yunani kuno, dan tanggal--serta pemenang Lomba, Coroebus Elis--adalah fakta dasar yang diketahui oleh semua.

Olimpiade ini dan semua yang datang setelah mereka, terjadi di daerah yang dikenal sebagai Stadion, atau Stadion, di Olympia. Secara bertahap, Stadion ini menjadi semakin rumit sebagai berabad-abad yang berlalu.

Demikian juga candi yang terletak di Altis terdekat, iaitu grove Suci. Sekitar 600 BCE, Candi yang indah dibangun untuk Hera dan Zeus. Hera, yang adalah dewi pernikahan dan isteri kepada Zeus, duduk, sementara Patung Zeus berdiri di belakangnya. Itu adalah di sini bahwa obor Olimpiade dinyalakan di zaman kuno dan juga di sini bahwa obor Olimpiade modern menyala.

Pada 470 SM, 130 tahun setelah itu dibangun Kuil Hera, pekerjaan dimulai pada sebuah candi yang baru, yang menjadi terkenal di seluruh dunia karena keindahan dan bertanya-tanya.

Kuil Zeus baru

Setelah orang-orang dari Elis memenangkan perang Triphylian, mereka menggunakan mereka rampasan perang untuk membangun sebuah Pura yang baru, lebih rumit di Olympia. Pembangunan candi ini, yang akan dibaktikan kepada Zeus, dimulai sekitar 470 SM dan dilakukan oleh 456 BCE. Dirancang oleh Libon dari Elis dan berpusat di Altis.

Kuil Zeus, dianggap sebagai contoh utama arsitektur Doric, adalah bangunan persegi panjang, dibangun di atas platform, dan berorientasi Timur-Barat. Pada setiap sisinya panjang 13 kolom dan sisinya pendek diadakan setiap enam kolom. Kolom ini, terbuat dari batu kapur lokal dan ditutupi dengan plester putih, mengangkat atap yang terbuat dari marmer putih.

Eksterior Kuil Zeus rumit dihiasi, dengan patung adegan dari mitologi Yunani pada pediments. Adegan pintu Bait Suci, di sisi Timur, menggambarkan adegan keajaiban dunia kereta dari kisah Pelops dan Oenomaus. Pediment Barat digambarkan pertempuran antara Lapith dan Centaurs.

Bagian dalam Kuil Zeus adalah jauh berbeda. Seperti dengan candi-candi lain Yunani, interior adalah sederhana, efisien, dan dimaksudkan untuk menampilkan patung dewa. Dalam kasus ini, Patung Zeus adalah begitu spektakuler bahwa itu dianggap salah satu tujuh keajaiban dunia kuno.

Patung Zeus di Olympia

Di dalam Kuil Zeus duduk setinggi 40 kaki patung raja semua Yunani dewa, Zeus. Karya ini dirancang oleh pemahat terkenal Phidius, yang sebelumnya telah merancang besar patung Athena untuk Parthenon. Sayangnya, Patung Zeus tidak ada lagi dan begitu kita bergantung pada deskripsi itu meninggalkan kami oleh pakar geografi abad kedua CE Pausanias.

Menurut Pausanias, patung terkenal digambarkan Zeus berjanggut duduk di atas takhta kerajaan, memegang angka Nike, bersayap Dewi kemenangan, di tangan kanannya dan tongkat yang atasnya dengan elang di tangan kirinya. Patung duduk seluruh beristirahat atas sebuah alas tiga-kaki-tinggi.

Itu tidak ukuran yang membuat patung Zeus yang tiada bandingnya, meskipun itu pasti besar, itu adalah keindahan. Seluruh patung dibuat dari bahan-bahan langka. Zeus di kulit terbuat dari Gading dan jubahnya dibuat dari pelat emas yang rumit dihiasi dengan hewan dan bunga. Takhta juga terbuat dari gading, permata, dan hitam.

Regal, dewa Zeus pasti menakjubkan untuk dilihat.

Apa yang terjadi pada Phidius dan Patung Zeus?

Phidius, perancang Patung Zeus, jatuh dari nikmat setelah ia selesai adikaryanya. Segera ia dipenjara selama pelanggaran menempatkan sendiri dan temannya Perikles gambar dalam Parthenon. Apakah biaya ini benar atau dibuat oleh politik ketidakkasihan tidak diketahui. Apa yang dikenal sebagai bahwa pemahat menguasai ini meninggal di dalam penjara ketika menunggu dibicarakan.

Phidius' Patung Zeus bernasib lebih baik daripada penciptanya, setidaknya selama 800 tahun. Selama berabad-abad, Patung Zeus adalah hati-hati dirawat--diminyaki secara teratur untuk bujur telur kerusakan yang dilakukan oleh suhu lembab Olympia. Ini tetap menjadi titik fokus dunia Yunani dan mengawasi ratusan Olimpiade yang terjadi di samping itu.

Namun, pada tahun 393 CE, Christian Emperor Theodosius I dilarang Olimpiade. Tiga pemerintah kemudian, di awal abad kelima CE, Kaisar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar